• -author-

• 4,331 hits
  • Follow Welcome homE… on WordPress.com
  • Disclaimer

* All images are belonged to personal property of the blog's author, unless otherwise stated.
    * Any views, opinions, statements represented in this blog are personal's and belonged solely to the blog author, and do not represent those of companies mentioned here.
    * Copying of blog's contents is prohibited, unless permission guaranteed.

Tour de Sabang

Tentunya kita semua ingat dengan lagu “dari Sabang sampai Merauke” doonkk.. Sabang adalah kota paling luar Indonesia di sebelah barat laut. Sabang terletak di Pulau Weh, pulau terluar Indonesia yang berpenghuni. Minggu 26 Maret 2017, jam 09 pagi, kami sudah sampai di Sabang. Di pelabuhan Balohan Sabang, kami dijemput oleh Bang Romi dari wisata sabang.

Agenda hari ini adalah mengunjungi beranekaragam pantai dan tempat wisata di Pulau Weh.

Puncak GT Balohan – Sabang

Kami mulai dengan Puncak GT Balohan. Tempat ini terletak di pinggir jalan menuju kota Sabang, dengan panoramic view ke arah laut lepas.

Pantai Anoi Itam & Benteng Jepang

Pantai ini terletak di balik bukit, yang mana bukit tersebut dijadikan sebagai benteng pertahanan Jepang.

tangga menuju benteng jepang

laut lepas di balik bukit benteng jepang

mentari yang terik tak menyurutkan semangat kami untuk ber-narsis ria! Hahaha

Pantai Sumur Tiga

Disebut pantai sumur tiga, karena di sekitaran pantai ini terdapat 3 sumur air tawar! Unik, mengingat sumur-sumur ini terletak di pinggir pantai ber-air asin..

sumur ke-3 yang terletak persis di pinggir pantai

Perfect beach! Blue clear water + White crystal sand + less people + nyiru melambai sepanjang bibir pantai. Set your hammock, and enjoy the tranquility..

Dari literatur internet, sunrise di pantai ini paling keren karena dia menghadap ke timur. Sayang kami tidak menginap di sini. Jika Anda berencana ke Pulau Weh, mungkin bisa meluangkan waktu untuk menginap 1 malam di sini. Penginapan populer di sekitar pantai ini, diantaranya: Freddies Santai Sumur Tiga dan Casanemo Resort & Spa.

Tugu I Love Sabang dan Danau Aneuk Laot

Kedua objek wisata ini terletak di tengah-tengah kota sabang. Di seberang tugu I Love Sabang, terdapat danau Aneuk Laot dan di samping si tugu terhampar bandara Sabang.

tugu I Love Sabang yang terletak di pinggir jalan utama (jl. bypass) kota Sabang

danau Aneuk Laot di foto dari tugu Sabang. Danau Aneuk Laot, yang merupakan danau air tawar ini, di foto berwarna hijau ya, sedangkan yang biru di samping nya adalah laut lepas.

Monumen Pulau Weh (Sabang fair), Teluk Sabang

Over-sea rasanya hari ini. Hahaha. Makanya ketika sampai di pinggir pantai (lagi) yang bertuliskan Pulau Weh ini, kami tidak turun. Duduk manis aja di mobil. Wkakaka. Menurut bang Romi, di sinilah Sabang Fair diadakan semenjak tahun 2014.

Kami juga melintasi teluk sabang, dimana terdapat pelabuhan untuk kapal-kapal dari luar negeri. Menurut Bang Romi, dulu sering masuk mobil dari Singapura melalui pelabuhan ini. Mobil ini biasanya berplat nomor XA atau XO, dan hanya bisa digunakan di Sabang. Masuk ke Banda Aceh pun mobil-mobil berplat nomor ini tidak boleh.

Lunch

Karena kami ingin makan ikan bakar, jadilah Bang Romi mengajak kami makan seafood di pinggir jalan bypass kota Sabang, persis di depan tugu I Love Sabang.

mari makan!

Selesai makan, kami menuju Mesjid Agung Sabang untuk sholat.

Masjid Agung Babussalam Sabang

Pulau Klah

Kemudian kami meneruskan perjalanan menuju tempat panaromic view, dimana dari sana terlihat Pulau Klah dari kejauhan. Di tempat ini juga bisa bersantai sambil menikmati rujak khas aceh.

Pantai Gapang

Pantai ini ramai. Banyak orang lokal dan juga bule-bule berseliweran di sini. Ternyata di pantai ini ada diving center. Bule-bule di sini pakaiannya masih relatif sopan sih. Tidak terlihat bule cewek yang bikinian. Hehe.

tangannya pita gede amat sik =))

Gua Sarang

Gua Sarang ini adalah destinasi baru wisatawan di aceh. Untuk menjumpai-nya perlu perjuangan cukup berat. Haha.

jalanan berbatu pinggir laut menuju Gua Sarang. Jalanan ini makin lama makin terjal loohh -______-

Mulut Gua Saran di kejauhan. Untuk mencapai mulut gua, harus berenang. Tapi tak satupun dari kami yang tertarik ber-basah basah ria menjumpai mulut gua :))

kita foto2 di seberang mulut gua ajalaahhh.. hahaha

Tugu 0 Km

Hari sudah sore. Tugu 0 Km adalah tujuan terkahir kami hari ini. Cukup rame di sini. Jadi kudu ngantri dulu kalo mau foto.. hahaha

SAH ke SABANG! Mandatory ini, foto di tugu 0 KM, kalo ke Sabang… Hahaha

Pantai Iboih

Kami meneruskan perjalanan ke Pantai Iboih. Ada boat yang disediakan pemilik Iboih Inn, dari pantai Iboih menuju Iboih Inn, tempat kami akan menginap selama 2 malam. Tapi boat ini available paling telat jam 6 petang. Jadi kami kudu tiba di pantai Iboih sebelum jam 6, atau terpaksa jalan kaki ke Iboih Inn.

easy sunday afternoon di pantai iboih..

menuju Iboih Inn. Sekitar 10 menit pakai boat dari pantai Iboih

Welkom to Iboih Inn!!

TIba di Iboih Inn. Mari check-in dan rehat sejenak…

4 Responses

1. […] aja kami di Sabang..? Baca di sini yaaa.. […]

2. Ceritaaaa tentang ibu Iboih Inn nyaaa yaaak pas edisi depan šŸ˜‚šŸ˜…
    Btw, asiiikkk foto gue banyak….ahahaha

3. […] 26 Maret 2017, setelah puas mengelilingi kota Sabang, sekitar jam 06 sore kami tiba di Iboih Inn Resort & Restaurant. Kami menumpangi boat milik […]