• -author-

• 4,483 hits
  • Follow Welcome homE… on WordPress.com
  • Disclaimer

* All images are belonged to personal property of the blog's author, unless otherwise stated.
    * Any views, opinions, statements represented in this blog are personal's and belonged solely to the blog author, and do not represent those of companies mentioned here.
    * Copying of blog's contents is prohibited, unless permission guaranteed.

Our Sahara Desert Trip

We have booked our Sahara trip since we’re in indonesia. I asked the price for several tour organizers, and well.. the price was quite high for 3days 2nights sahara trip started in marrakech and ended in fes. Yang paling murah harga nya 190€ per person untuk standard accomodation, dari Sahara Desert Trip. Setelah baca reviewnya yang OK, akhirnya kami memakai jasa si Sahara Desert Trip ini.

1 Nov 2016, kami dijemput jam 8 pagi di hΓ”pital dekat Riad Chalymar oleh driver mereka bernama Mbark. Mbark inilah yang akan jadi driver sekaligus guide kami selama 3 hari.

mbark -our tour guide and driver, was taking pose with Fita πŸ˜›

Γ„it Ben Haddou

Dari Marrakech kami berkendara naik menuju Γ„it Ben Haddou menyusuri pegunungan Atlas dan beristirahat sejenak sebelum mencapai Tizi N’tickha Pass, yang berada di altitude 2260m. Dengan suhu yang cukup dingin, menyeruput moroccan tea di sana adalah pilihan tepat πŸ™‚

the white car at the back adalah mobil yg akan menemani kami selama 3 hari ke depan πŸ™‚

view from tizi n’tickha pass

kind of view you got along atlas mountain drove.. ohya, ini jalan nya mendaki dan berliku2, kalo ga biasa sama jalanan kayak gini better minum obat anti mual sebelum jalan

Menjelang jam 13 siang, kami pun sampai di Γ„it Ben Haddou. Kami makan siang di restoran yang sepertinya satu2nya di sini. No other choice 😦

alhamdulillah nemu nasi..walopun harga lunch set-nya lumayan mahal sih, 120dirham per person

Selesai makan dan sholat, kami ditemani seorang guide, suku asli berber sana dengan pakaian khas mereka, mengunjungi lembah Γ„it Ben Haddou yang merupakan salah satu Unesco heritage.

sungai (yg karena lg panas, jadinya kering) yang harus dilintasi menuju Ait Ben Haddou

dengan guide khusus untuk tur di situs unesco ini πŸ™‚ -bapaknya kudu dikasi tips ya

selamat datang di Ait Ben Haddou!

pohon zaitun yg tumbuh dimana2 di sini!

Dar Essyaha, Γ„it Ben Ali

Menjelang sore, puas dengan Γ„it Ben Haddou, kami meneruskan perjalanan melalui Ouarzazate menuju penginapan. Dalam perjalanan kami juga melewati atlas film studio. Tapi kita tidak berhenti sih, lewat doank.

Sekitar jam 9 malam, kami tiba di penginapan: hotel dar Essyaha.

Kamar kami berada di lantai -2. Means, kami harus turun tangga 2x dari lobi hotel menuju kamar. Satu kamar terdiri dari 1 double bed dan 1 single bed. Jadi sebenarnya bisa ditempati 3 orang. Tapi karena kami ber-4, maka kami di kasi 2 kamar. Walopun harga package tour kami adalah untuk standard accomodation, tapi menurut kami akomodasi ini sudah sangat nyaman.

Kami makan malan di sini, dan menu nyaaa..luar biasa BIG!

dinner time!

Tips: kalo mau ngirit, karena makan pagi dan malam sudah di cover sama paket tour, dan porsinya gede, lunch bisa di skip ko. Haha.

Pagi2 bangun, dan menyadari kalo hotel ini berada di tengah2 ngarai! Pantesan kamar tidurnya di lower ground gini -____-

backyard si hotel

sebuah sudut di hotel

and.. breakfast with a view at dar essyaha..

Todra Gorges

2 Nov 2016. Selesai sarapan kami check out hotel, menuju Todra Gorges. Dalam perjalanan kami berhenti di Dades Valley and enjoying its breathaking view.

Menjelang siang, kami sampai di Todra Gorges. Todra Gorges merupakan ngarai di sebelah timur pegunungan Atlas. Sungai kecil yang nyaris kering mengalir di tengah2 bebatuan raksasa yang menjulang tinggi ke langit ini.

compare tingginya bebatuan dengan mobil yang parkir di bawahnya..

di antara bebatuan raksasa ini ada cave yang dulu nya adalah tempat tinggal penduduk lokal sini.

Erg Chebbi Desert

Leaving Todra Gorges, having our lunch (lagi2 10dirham per orang!), then we continued driving to Erfoud. Sebenarnya kita bisa mengunjungi fossil craft workshop dalam perjalanan ke Erfoud. Tapi kami tidak tertarik, jadi destinai tersebut kami skip.

Dari Erfoud (yang ternyata, rumahnya Mbark ada di sini) kami langsung menuju sahara! Tonight, kami akan bermalam di gurun! Yeay!

Sahara yang kami tuju adalah Erg Chebbi. Tour yang kami hire menggunakan jasa tour Merzouga untuk desert trip dengan onta dan bermalam di sahara. Jadi kami diantar menuju hotel, dimana koper2 kami bisa disimpan di sana, dan hanya bawa 1 backpack untuk 1 malam di sahara πŸ™‚

a camel ride, heading to our accomodation tonight πŸ™‚

let’s go! Bapak2 ber-sorban itu adalah pemandu kita, suku asli berber πŸ™‚

a nap on the middle of the journey, while waiting for the sunset

sunset in sahara!

dan inilah tenda tempat kita nginap malam ini πŸ™‚

calon penghuni tenda celingak celinguk penasaran =))

Listrik dan toilet tersedia di tenda ini. Tapi air nya limited. Jadi kudu berhemat πŸ™‚ Karena dikelilingi bukit pasir, kalo mau maen sand-boarding, do-able banget loohh di siniii..

Kami ber-4 dengan tamu2 lain (ada sekitar 20-an orang) dijamu dinner di hall di tengah2 tenda. Setelah dinner, ada pertunjukan musik segala loh. Seru deh! Daannn, tentu saja menatap langit penuh bintang merupakan salah satu hal yang saya lakukan. Sayang tidak punya cukup gear untuk mengabadikannya πŸ™‚

menu dinner -enak loohh..masakannyaaa

Besok pagi nya, 3 Nov 2016, kami mendaki bukit pasir di samping tenda, sambil menunggu sunrise muncul tentu saja πŸ™‚

sunrise nya cuma keliatan dikit, udah males ndaki. Susah soalnya ndaki pasir, turun2 muluu =))

setelah sunrise, kami pun berberes untuk balik ke hotel merzouga kemarin. Bye bye tendaa

Setelah sarapan dan mandi di hotel, sekitar jam 9.30 Mbark menjemput kami untuk meneruskan perjalanan.

Heading to Fes

Sesuai itinerary, hari ini kami akan bertolak ke Fes. Menjelang magrib, kami memasuki kota Ifrane. Ifrane ini berbeda dengan kota2 di Maroko yang telah kami lihat sebelumnya. Kota ini sangat hijau dan sejuk. Karena itulah, kota ini pun dijuluki Switerland of Morocco. Sayang kami tidak bisa lama2 di sini. Selesai minum kopi, kami pun meneruskan perjalanan menuju penginapan kami di Fes.

ifrane ~~ berasa di eropaahh

Sampai di penginapan sekitar jam 9 malam. Thank you to Mbark dan Sahara Desert Trip yang sudah meng-arrange perjalanan ini πŸ™‚ Jangan lupa kasi tips.. hahaha =))

One Response

1. […] Nov 2016. Kami tiba di Fes dari Sahara trip sudah cukup malam. Setelah check in di penginapan yang kami book melalui booking.com, mencoba makan […]