• -author-

• 4,483 hits
  • Follow Welcome homE… on WordPress.com
  • Disclaimer

* All images are belonged to personal property of the blog's author, unless otherwise stated.
    * Any views, opinions, statements represented in this blog are personal's and belonged solely to the blog author, and do not represent those of companies mentioned here.
    * Copying of blog's contents is prohibited, unless permission guaranteed.

Tentang Riad Chalymar

Riad, berarti rumah, merupakan jenis akomodasi yang akan lebih sering di temukan di Maroko, daripada hotel atau hostel.

Jika di Casablanca kami tinggal di hotel, maka di Marrakech kami mencoba tinggal di Riad, tepatnya di Riad Chalymar. Riad Chalymar punya review yang bagus di lonely planet dan booking.com. Jadilah kami memutuskan untuk stay di Riad Chalymar selama 2 malam.

chalymar-1

bagian dalam Riad Chalymar

Menurut google map, Riad Chalymar terletak di lorong-lorong yang hanya bisa dilewati dengan jalan kaki. Jadi, dari stasiun Marrakech, kami pilih taksi yang gede (jadi cukup buat 4 orang), tawar2an harga, dan akhirnya setuju dengan tarif 20 dirham untuk kami berempat, dan diantar  ke HÔpital Riad Al Mokha, tempat terdekat dari Riad Chalymar yang masih bisa dilalui mobil. Dari sana kami harus berjalan kaki menuju Riad Chalymar.

Turun dari taksi sudah ada orang yang menawarkan jasa nya mengantarkan kami ke Riad Chalymar. Tapi kami (sok) keukeuh dan ga mau terima tawaran orang tsb, dan akhirnya nyasar! =)) Ujug2 si orang tadi sudah ada di belakang kami, dan menunjuk ke gang sempit. Antara was2 dan serem, akhirnya kami ikuti juga orang itu. Benarlah, dia mengantar kami ke Riad Chalymar. Sampai di Riad Chalymar, dia pun minta duit sebagai jasa mengantarkan kami..ya udahlah yaaa..~~

FYI, dari HÔpital Riad Al Mokha, akan ada petunjuk arah ke Riad Balkisse. Riad Chalymar terletak di lorong2 di belakang Riad Balkisse ini. Sepertinya Riad Balkisse dan Riad Chalymar ini berada dalam satu management yangg sama. Tapi Riad Balkisse ini sepertinya lebih Wah dan terletak di depan, sedangkan Chalymar kudu jalan masuk lorong2 dulu sih..

Di Riad Chalymar, kami di sambut oleh staf mereka, namanya Malika. Sangat ramah, dan sudah menyiapkan moroccan mint tea untuk kami sambil check-in. Selain biaya akomodasi (148€ untuk 2 malam, 2 kamar (4 orang)), kami juga ditagih city tax (sudah disebutkan di booking-an kami sih) senilai 2.5€ per orang per malam. Semuanya dibayarkan di pake mata uang-nya Maroko alias Dirham. Lumayan ugaaaa..

Sarapan yang disajikan oleh Riad Chalymar, perfect! Dan jika mau naik tangga sampai ke lantai 4 (roof top), maka akan keliatan sekeliling kota marrakech. Jika beruntung (tidak tertutup awan) atlas mountain pun bisa terlihat dari sini.

chalymar-1111

duduk manis menunggu sarapan tersaji komplit 🙂 breakfast room-nya very nice, right ? 🙂

chalymar-11

menu breakfast hari ke-2

chalymar-111

di roof-top nya Riad Chalymar

Selain Malika, ada 1 lagi staf Riad Chalymar yang biasanya berjaga malam sampe pagi. Yosef, kalo ga salah nama nya. Malika dan Yosef sangat aktif menawarkan kami berbagai paket perjalanan wisata. Mulai dari 1-day-trip hingga ke sahara trip, juga tempat massage dan spa! Ketika tidak ada satupun tawaran mereka yang kami ambil, mereka mulai berubah tidak ramah 😦

Anyway, kami akhirnya lega saat waktunya tiba untuk meninggalkan Riad Chalymar 🙂

3 Responses

1. […] Next: Menuju Riad Chalymar! […]

2. […] tiba di Marrakech, siang hari tanggal 30 Oktober 2016. Setelah check-in di Riad Chalymar, istirahat sebentar, menjelang jam 4 sore pun kami keluar menuju Jardin Majorelle. Jardin Majorelle […]

3. […] Nov 2016, kami dijemput jam 8 pagi di hÔpital dekat Riad Chalymar oleh driver mereka bernama Mbark. Mbark inilah yang akan jadi driver sekaligus guide kami selama 3 […]