• -author-

  • Index

  • Blog Traffic

    • 4,483 hits
  • Follow Welcome homE… on WordPress.com
  • Disclaimer

    * All images are belonged to personal property of the blog's author, unless otherwise stated.
    * Any views, opinions, statements represented in this blog are personal's and belonged solely to the blog author, and do not represent those of companies mentioned here.
    * Copying of blog's contents is prohibited, unless permission guaranteed.

me, comin’ to morocco!

I never imagine to set my feet in Africa. But this happened, last year, in Oct-Nov 2016, to Morocco to be precise 🙂

This was started on January 2016, in which Qatar Airways menggelar travel fair online besar-besaran. Saya, dan 3 orang teman lainnya, mendapatkan tiket Jakarta-Casablanca dan pulang dari Madrid ke Jakarta hanya dengan harga 912.89 USD saja. Kalo di kurs-kan saat itu, sekitar 12juta-an..

qatar

 

Free Visa for Indonesian!

Mungkin tidak banyak yang tahu tentang Casablanca. Tapi kalo sering ke Kota Kasablanka di Tebet, apa tidak bertanya-tanya sebenarnya Kasablanka itu di mana? Haha

Casablanca adalah kota terbesar di Maroko, tapi bukan ibu kota Maroko. Casablanca memegang peranan penting sebagai salah satu kota pelabuhan dan bisnis di Maroko. Bagi kita warga negara Indonesia, kita tidak perlu visa untuk ke Maroko. Kita bisa tinggal di Maroko sampai dengan 90 hari, tanpa visa!

Bagi pemegang paspor Indonesia, tidak butuh visa untuk masuk ke Maroko. Kita bisa stay di Negara ini for maximum 90 days.

morocco

 

Be careful for booking accommodation in Maroc!

Karena kami akan pulang dari Madrid, maka mau tidak mau tetap harus mengurus visa Schengen. Untuk mempermudah urusan visa Schengen, kami tetap melampirkan bookingan hotel selama kami di Maroko.

Selama di Maroko kami berencana untuk menyewa jasa tour untuk desert trip 3 hari 2 malam, berangkat dari Marrakesh dan berakhir di Fes. Agar tidak ribet dalam supporting document visa, maka perjalanan selama desert trip kami cover dengan ho(s)tel di Fes sajaa..

Saya pun mem-book Riad Rocco via booking.com dengan rate yang ada opsi free cancellation-nya, agar tidak ada biaya apapun yang timbul jika saya meng-cancel saat visa sudah selesai nanti.

rocco-1

total approx 339Eur utk 3 malam 4 orang, free cancellation sampe 16 Oct 2016

Aplikasi visa schengen kami submit tanggal 8 Aug 2016, dan kami pick up tanggal 16 Aug 2016, dan alhamdulillah kami semua di approve visa schengen nya! 😀

Tgl 1 September 2016, saya pun meng-cancel bookingan Riad Rocco, dan bermaksud mengubah bookingan menjadi 1 malam saja instead of 3 malam. Tapi sore-nya saya benar-benar dikejutkan oleh SMS dari kartu kredit saya yang menyebutkan bahwa Riad Rocco sudah men-charge saya full amount ++ dari total amount bookingan yang saya cancel! -_______________-

rocco-2

bookingan Riad Rocco saya cancelled tgl 1 Sep 2016, supposed to be still in free cancellation period!

Saya pun mengajukan complain ke booking.com. Selain itu, saya juga meng-email Riad Rocco nya dan bertanya kenapa mereka men-charge saya, padahal seharusnya free cancellation.

Booking.com said, bahwa bookingan saya memang free cancellation dan seharusnya Riad Rocco tidak men-charge saya. Jika saya punya bukti berupa credit card statement bahwa Riad Rocco men-charge saya, maka booking.com meminta saya men-submit credit card statement tersebut. Sayang, credit card statement saya baru akan issued tanggal 24, dan menurut bank saya, tidak bisa dipercepat 😦 . Terpaksalah saya menunggu.

Riad Rocco said, bahwa saya salah. Bahwa sudah aturan manajemen mereka kalau saya meng-cancel booking, maka mereka akan men-charge kartu kredit saya. Mereka menawarkan untuk merubah bookinga, seperti merubah tanggal, etc. Tapi saya sudah keburu ilfil dengna Riad Rocco, dan menolak opsi tersebut dan insist meminta mereka mengembalikan duit saya. Namun mereka pun insist bahwa term bookingan saya adalah non-refundable. Duh!

rocco-3

Riad Rocco kept telling me that my booking was non-refundable 😦

Setelah menerima credit card statement, saya pun men-submit-nya ke booking.com . Finally, tanggal 26 Aug saya menerima CC refund invitation, dan beberapa hari kemudian the money has been creditted to my credit card account 🙂 Good work, booking.com!

Lesson learned: Saya tidak pernah menemui inkonsistensi semacam ini di akomodasi2 yang pernah saya booking sebelumnya di booking.com . Jika mereka bilang itu free cancellation, maka kartu kredit saya tidak akan pernah di-charge ketika bookingan di batalkan. Ini pertama kali terjadi, untuk akomodasi saya di Maroko. Saya sudah sering dengar kalo Maroko full of scam. Dan saya tidak tahu, apakah ini juga termasuk scam, atau ada mis-komunikasi antara booking.com dan Riad Rocco nya. Jadi, please be careful guys..! 🙂

 

 

 

Leave a Reply

