• -author-

• 4,283 hits
  • Follow Welcome homE… on WordPress.com
  • Disclaimer

* All images are belonged to personal property of the blog's author, unless otherwise stated.
    * Any views, opinions, statements represented in this blog are personal's and belonged solely to the blog author, and do not represent those of companies mentioned here.
    * Copying of blog's contents is prohibited, unless permission guaranteed.

sumbawa trip: dari savana, pantai, gunung hingga danau.. ~~

Sumbawa mungkin kalah terkenal di banding Sumba. Tapi karena itulah saya memutuskan ke Sumbawa, sebelum dia menjadi terkenal dan turis berhamburan dimana-mana! La la land ~~

Saya bersama 3 orang teman memulai perjalanan di minggu pagi, 1 Mei 2016, menggunakan penerbangan pertama Garuda Indonesia tujuan Lombok Praya. Kami mendarat lebih kurang pukul 9 pagi waktu Lombok. Sebelumnya, kami sudah meminta bantuan mas Ega dan mas Yudi, pemuda2 asli Sumbawa, dari Oase Sumbawa untuk meng-arrange trip kami kali ini.

047

Hello! We’re ready to explore!!

Dari bandara Lombok, kami pun meluncur menuju pelabuhan kayangan di daerah Lombok Timur. Kami mampir makan siang (early lunch sih sebenarnya, secara baru jam setengah 11, haha) di warung makan yang menyajikan sop bebalung khas lombok. Serupa sop iga di Jakarta, tapi dengan bumbu rempah yang agak berbeda. Enak, segar dan murah. Kita makan komplit dengan nasi dan kerupuk dan minum, untuk 5 orang dan hanya bayar 180ribu!

006

sop bebalung: enak!!

Kami juga sempat mampir ke kawasan tempat tumbuhnya pohon Lian, yang merupakan salah satu obyek wisata juga di kota Lombok.

007

kurcaci di tengah pohon lian raksasa :p

Perut kenyang, mata terpuaskan, kami pun melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Kayangan untuk menyeberang ke pelabuhan Poto Tano di Sumbawa. Penyebrangan dengan ferry ini takes time sekitar 2jam.

045

duduk nyempil di pojokan dalam ferry =))

Pulau Kenawa, Sumbawa

Sampai di Sumbawa jam 2 siang, kami langung menuju pulau Kenawa. Btw, pulau Kenawa dan Pulau Kanawa beda yaa. Pulau Kenawa terletak di Sumbawa, sedangkan pulau Kanawa di Sumba.

Snorkeling sebentar di kenawa, kemudian pindah lokasi (tapi masih di pulau kenawa) untuk mengejar sunset.

Berhubung curah hujan masih tinggi di bulan mei, maka padang rumput serupa savana di musim kering ini, masih hijau bersemi. Jika berkesempatan datang ke pulau ini di musim kemarau, hamparan permadani rumput kuning lah yang akan kita dapati..

020

sunset di kenawa

727

di puncak bukit kenawa. Does it look like L O V E ??

Malam tiba, kami melanjutkan perjalanan ke Sumbawa Besar, tempat kami menginap malam ini.

Desa (Puncak) Mantar

Senin, 2 Mei 2016. Hari ini kami akan menuju desa Mantar, di Sumbawa Barat. Yang pernah nonton film Serdadu Kumbang pasti asa tau desa ini 🙂

Desa Mantar terletak di ketinggian sekitar 630m di atas permukaan laut. Jalan bebatuan dan terjal lah yang harus kami lalui untuk bisa sampai di desa ini. Sekitar jam 2 siang kami tiba di desa ini.

330

082

hanya telkomsel yang nyampe sinyalnya di sini, itupun hp-nya harus di kasi penguat sinyal, jadi-nya.. semacam ini! =))

Kami akan menginap di rumah pak kepala desa Mantar malam ini. Jangan harap ada hotel yak, di sini! :))

Menjelang sore kami menuju ke puncak mantar, tempat biasanya dilakukan paralayang. Sayang kami tidak bisa melakukan tandem paralayang saat berkunjung ke sana, karenalagi tidak ada pilot-nya 😦

099

a really breathtaking view di puncak mantar

096

latihan paralayang di puncak mantar

155

menjelang sunset di puncak mantar

Selasa, 3 Mei 2016. Kami bangun pagi-pagi, demi mengejar sunrise. Setelah sholat subuh, kami pun bergegas menuju puncak mantar.

733

Wooohooo! sunrise di puncak mantar!

258

hello, sun!!

189

horeee, kita di atas awan! 😀

283

pagi hari liburan tak lengkap tanpa indomie! Nge-mie di puncak mantar! =))

Menjelang siang (dan panas) kami balik ke rumah pak kepala desa. Packing, dan siap-siap melanjutkan perjalanan menuju destinasi selanjutnya! 😀

Moyo Island ♥

Goal kami selanjutnya adalah mendaki Gunung Tambora. Dalam perjalanan menuju Tambora, kami mampir dulu di Pulau Moyo. Maen air dan tentu saja snorkeling 🙂

298

serasa pulau pribadi.. no one’s here..except us 🙂

297

just a side of beautiful moyo..

327

312

Puas di pulau Moyo, kami meneruskan perjalanan menuju Desa Doropeti, yang terletak di kaki gunung Tambora. Kami menumpang nginap di mess karyawan sebuah pabrik gula. Salah satu dari kami bekerja di pabrik gula tersebut, dan mendapat izin untuk menginap di mess karyawan yang memang masih separo ke isi itu. Hehe..lumayan ngirit 😀

Pendakian Tambora

Tambora, dengan ketinggian 2850m di atas permukaan laut. Mengingat kami bukanlah rombongan gadis-gadis yang terbiasa mendaki gunung, jadi kami menyewa 4WD vehicle untuk naik hingga ke pendakian Pos 3, dan mulai trekking on our own foot dari sana. Don’t do over-thinking, yea! =))))

Rabu, 4 Mei 2016. Kami pergi ke pasar (kaget) di sekitar doropeti. Kami akan camping di gunung malam ini. Definitely kami harus masak sendiri. Jadi, mari belanja..

351

penampakan pasar di doropeti. seuprit doank emang.. haha

343

tawar menawar di pasar =))

Okey, we’re good to go. Berangkaattt..!

565

371

we made a tea-break in pendakian pos 2. mas2 ini yang masakin air panas, dan bikinin, teh, kopi, wedang jahe 🙂

380

kita juga mungutin sampah, yang somehow banyak bertebaran di pos 2 ini 😦

PS. kalo travelling, terutama ke alam, jangan pernah ninggalin sampah ya! Keep the nature clean.

We stayed in pos pendakian 3. We built the tents there. On the next day (5 May 2016), we woke up very early at 3 AM and ready for the trekking to the top of tambora to see the sunrise from there!

397

get ready for our pendakian tambora 🙂

401

the sunrise was just started, but we did not reach the top yet 😦

423

we almost made to the top of tambora! =)))

460

yippiee! finally made it, to the top! menghadap ke kaldera yang terbentuk saat erupsi gunung tambora tahun 1967.

714

tampang2 ceria, meskipun belum mandi! Haha

Danau Satonda

Turun dari Tambora, kemudian kami berkemas menuju destinasi terkahir dari trip Sumbawa ini: Danau Satonda yang terletak di pulau Satonda.

576

Kami sampai di Satonda menjelang magrib, dan menginap di satu-satu nya akomodasi yang ada di pulau itu, yakni Satonda Island Resort.

We were just so tired after trekking. Setelah magrib, makan malam, kami pun langsung tertidur pulas. zzzzzzzzzzzz

6 Mei 2016. Jam 5.45 pagi kami mulai trakking (lagi) menuju danau Satonda. Menikmati matahari yang beranjak naik di pinggir danau, beserta secangkir teh/kopi/coklat panas 🙂

581

a peaceful morning with a book, overlooking the satonda lake 🙂

692

bikin minuman panas di pinggir danau

594

hot chocolate, anyone?

Siang hari, kami habiskan dengan snorkeling di pinggir pantai satonda. Sayang, ga punya foto-foto underwater hasil snorkeling-nya.

Sore hari, kami menyebrang lagi ke Dompu, dan meneruskan perjalanan ke kota Bima.

Kami menginap semalam di Bima. Keesokan harinya, Sabtu 7 Mei 2016, kami terbang dari Bima ke Jakarta, dengan transit di Lombok. Au revoir, Sumbawa!

disclaimer: some are my friends’ picts

2 Responses

1. seru ya tripnya. boleh minta itinerary dan cost nya gak mbak, sama contact untuk sewa kapal moyo dan satonda kalau boleh.
    terima kasih

• hai mbaa… itinerary-nya lebih kurang seperti yang saya ceritakan di blog ini 🙂 Untuk cost-nya, semakin banyak orang semakin murah, krn sewa kapalnya mahal! hehehe
      Bisa contact ke mas Yudhi di Oase Sumbawa (FB: Oase Sumbawa , atau IG: oasesumbawa) kalau mau di arrange trip-nya. Kita pakai Oase Sumbawa untuk A to Z nya trip ini 🙂
      Juga untuk cost per-orang nya juga bisa tanya langsung ke mas Yudhi di Oase Sumbawa yaa 🙂