• -author-

  • Index

  • Blog Traffic

    • 4,483 hits
  • Follow Welcome homE… on WordPress.com
  • Disclaimer

    * All images are belonged to personal property of the blog's author, unless otherwise stated.
    * Any views, opinions, statements represented in this blog are personal's and belonged solely to the blog author, and do not represent those of companies mentioned here.
    * Copying of blog's contents is prohibited, unless permission guaranteed.

Ubah Karir Anda dengan Linkedin

Saya bukanlah marketer Linkedin (www.linkedin.com). Saya hanya ingin berbagi pengalaman untuk para jobseeker, ataupun mereka yang ingin pindah pekerjaan. Karena menurut saya, Linkedin merupakan salah satu permulaan yang baik untuk memulainya.

Saya pertama kali berkenalan dengan linkedin pada Februari 2008. Saat itu, saya sama sekali tidak tahu menahu apa efek positif dari linkedin. Akhirnya setelah sign up, saya biarkan saja account tersebut tanpa di-maintain.

Pertengahan 2009, mulai banyak teman saya yang memiliki  account linkedin. Saya pun tergerak untuk mulai membenahi account pribadi saya. Mulai bergabung dengan berbagai grup dan asosiasi profesional yang sejalan dengan career goal saya. Hingga saat ini, September 2010 saya telah memiliki 91 koneksi plus 18 groups dan associations.

Linkedin memang tidak sepopuler facebook or twitter. Tapi, saya harus mengakui bahwa linkedin cukup efektif untuk mem-boost kesempatan karir saya. Sebagai contoh saja, di akhir tahun 2009 saya mendapat lebih kurang 4 atau 5 tawaran pekerjaan baru, dan di awal tahun 2010 ini, saya sudah mendapat 2 tawaran kerja melalui linkedin.

Masih belum percaya?

Ini adalah salah satu email yang saya terima dari salah satu head hunter:

____quote____

Dear Ms. Rxxxx Elfira,

Kindly be advised that we would be having a recruitment campaign in Kuala Lumpur Malaysia for one of our client in Oil & Gas in UAE for Contracts Engineer positions and we would highly appreciate if you can Please advise if you are interested and kindly send your updated resume to my email address ixxxxx2@xxx.xx

Kindly find below our client salary range and benefits for this position, salary range will be determine after the interview. Kindly confirm that the below is acceptable to enable us to proceed with the submission of your resume. Thank you so much

Expected Rate / Salary Range : (This Amount is deemed to Include Salary, Accommodation, End of service benefits, Allowances, Overtime, Airfare, Paid leave etc.)

Ø Junior Selected candidates Rate Range : US$ 500 to US$ 600 per working day
Ø Senior Selected candidates Rate Range : US$ 601 to US$ 700 per working day

Other benefits: Medical health insurance for personnel and their immediate family members, excellent recreational facilities at five star hotels)

Thank you so much and we are assuring you of our best services at all times.

Thanks & best regards,

Dxxxxxx Mxxxxxx
Recruitment Officer

____unquote____

Memang, tawaran kerja ini tidak berarti akan selalu berbuah ke ‘pekerjaan baru’. Namun, dengan adanya tawaran-tawaran yang datang langsung ke Anda, at least Anda sudah lolos dari CV Screening. Perlu diingat, untuk lolos di tahapan CV Screening tidaklah mudah. Anda harus benar-benar memikirkan cara, agar para recruiters ‘sudi’ untuk melirik CV Anda, di tengah ribuan CV yang mereka terima setiap harinya.

Jadi, jika Anda memang ingin melakukan ekspansi kerja, salah satu yang saya sarankan adalah sign up for linkedin, browse dan add berbagai macam groups dan associations di linkedin yang sejalan dengan tujuan karir Anda

Leave a Reply

